Kamis, 02 September 2010

Thailand Percaya Indonesia Tak Gegabah Selesaikan Konflik dengan Malaysia

Denpasar - Negara-negara anggota ASEAN percaya Indonesia mampu menyelesaikan konflik dengan Malaysia. Pasalnya, Indonesia diakui sebagai pemecah masalah antara anggota ASEAN.

"Kita percaya sepenuhnya dengan langkah diplomasi yang diambil oleh pemerintah Indonesia. Indonesia punya sejarah panjang di ASEAN dan selalu mengambil peran sebagai problem solver. Jadi Indonesia tidak akan gegabah untuk menyelesaikan persoalan seperti ini," kata Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Martalegawa, di Hotel Westin, Kamis (2/9/2010).

Piromya optimis dengan langkah Indonesia karena berpengalaman menyelesaikan konflik Thailand dengan negara anggota ASEAN lainnya.  "Kita sangat optimis kondisi Indonesia-Malaysia akan baik-baik saja dan keamanan ASEAN akan baik-baik saja," ujarnya.

Sementara itu, Marty mengatakan Thailand mempercayai langkah Indonesia menyelesaikan konflik dengan Malaysia karena berpengalaman dalam penyelesaian konflik di Thailand.

"Thailand menyampaikan apresiasi atas sikap Indonesia memberikan pemahaman dan pengertian di dalam negeri terkait permasalahan Thailand, ketika negeri itu dalam situasi susah," kata Marty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar