Kamis, 02 September 2010

Bisa apa Kia di Indonesia?



Kia Mobil Indonesia (KMI) menjadi pabrikan non Jepang dengan penjualan terbesar dalam paruh pertama tahun ini di Indonesia. Berada di posisi sembilan rangking penjualan Nasional, Kia menjual lebih banyak mobil dibandingkan Hyundai, sesama merek Korea Selatan. Juga lebih banyak dari pabrikan Amerika Serikat maupun Eropa.

KMI juga jadi pabrikan dengan pertumbuhan terbesar kedua di Indonesia dalam periode Januari - Juli yaitu mencapai 107% dimana rata-rata industri berada di level 75%. Kia hanya kalah dari Mazda yang tumbuh lebih dari 400%!.

Hal itu diungkapkan Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI, Rabu (1/9) di Jakarta. Total penjualan Kia selama perieode Januari - Juli 2010 mencapai 3356 unit sementara pada periode yang sama tahun lalu hanya 1619 unit. Dengan pencapai semester pertama sebesar itu, KMI optimis bisa menggapai target penjualan tahun ini sebesar 6670 unit.



Picanto tetap menjadi mesin pertumbuhan KMI di Indonesia. Sejak Januari hingga Juli, city car 1.1 liter ini terjual 2355 unit atau tumbuh 267% dari periode yang sama tahun lalu 641 unit. KMI menargetkan penjualan Picanto tahun ini -yang versi facelift-nya diluncurkan di IIMS 2010 lalu- bisa mencapai 4235 unit. Total share Picanto terhadap seluruh penjualan KMI mencapai 70%. Tingginya permintaan Picanto mengakibatkan pembeli harus menunggu hingga 2 bulan, tutur Hartanto.



Di posisi kedua adalah Travello yang menyumbang 12% dari seluruh penjualan KMI. Tahun ini hingga Juli, KMI menjual kendaraan untuk bisnis travel ini sebanyak 401 unit atau naik 41% dari 284 unit tahun lalu. KMI menargetkan tahun ini penjualan Travello bisa mencapai 613 unit.



Model-model lain seperti Preggio juga menunjukkan kenaikan, kecuali pickup BigUp yang turun 41%.



Tahun ini, KMI akan meluncurkan empat model baru yaitu facelift Picanto, Kia Pride, Kia Rio taksi dan Kia Cerato Forte. Dua model pertama sudah diperkenalkan di IIMS lalu. Kia Rio Taksi sudah dipesan hampir 1000 unit. Lalu bagaimana dengan sedan Kia Cerato Forte?





"Cerato Forte di tunda. karena kelasnya hampir sama dengan Pride Sedan," kata Hartanto. "Sebagai gantinya kami akan mendatangkan SUV," tambahnya.



Jika tidak perubahan rencana, KMI akan menghadirkan SUV Sportage generasi terbaru akhir tahun ini. Dan yang menarik, model ini akan didatangkan dalam kondisi terurai dan dirakit di sini. Ini memberi keuntungan bagi konsumen karena bisa mendapatkan harga lebih menarik. Meskipun memiliki varian diesel, namun karena distribusi bahan bakarnya yang tidak merata, versi diesel mungkin akan datang belakangan. Yang akan diluncurkan lebih dulu adalah versi bensin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar